SMA 1 Blora, merupakan salah satu sekolah favorit di kota Blora. Sekolah ini berdiri sudah sekitar setengah abad. Dan sekarang SMA 1 sedang menjalani tantangan. Yaitu menjadi Sekolah Bertaraf Internasional, karena sekarang SMA 1 berstatus Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional atau sering kita sebut dengan RSMABI. Akan tetapi, jalan menuju tingkat SBI tidaklah mudah. SMA 1 harus banyak berusaha memperbaiki segala sarana prasarana yang ada di SMA 1. Dan tentunya juga harus meningkatkan mutu sekolah itu sendiri.
Jika ingin menjadi Sekolah Bertaraf Internasional, SMA 1 harus melakukan banyak perbaikan. Diantaranya :
Memperbaiki Fasilitas Belajar-Mengajar
Sebuah Sekolah Bertaraf Internasional harus memiliki fasilitas belajar-mengajar yang baik. Diantaranya ruang kelas yang bersih dan nyaman bagi siswa-siswanya. Ruang Laboratorium baik IPA maupun IPS alatnya juga harus memnuhi standart, karena di ruang itulah para siswa juga melakukan kegiatan belajar berupa eksperimen atau percobaan sederhana. Lalu keberadaan computer, LCD, dan AC juga harus diperhatikan, ada atau tidaknya.

Meningkatkan Mutu para Pengajar / Guru
Guru tidak bisa dipisahkan dari murid, dua subjek ini saling berhubungan erat. Jika gurunya pintar dan dapat mengajar dengan baik, tidak khayal lagi siswa yang diajarnya juga jadi pintar. Dalam SMABI diharuskan 20% gurunya lulusan dari S2, hal ini bertujuan agar pengajar memiliki ilmu yang lebih untuk diberikan kepada siswa.

Menerapkan Penggunaan Bahasa Inggris
Salah satu syarat menjadi SMABI yaitu para siswanya harus menguasai bahasa inggris dengan baik. Bukan hanya, “Good Morning, How are you? I love you” saja. Tapi juga kosa kata bahasa inggrisnya. Dimulai dengan diadakannya hari khusus menggunakan bahasa inggris, sampai dengan mengadakan bimbingan bahasa Inggris.

Menerapkan Metode Pembelajaran yang Efektif
Proses belajar mengajar dalam kelas maupun di luar kelas harus seefektif mungkin. Metode tersebut contohnya metode belajar sambil bermain. Ataupun metode diskusi-peresentasi. Asalkan metode tadi tidak terlalu menyimpang dari materi.

Tidak Membebani Siswa dengan Tugas yang Terlalu Banyak
Sering dikatakan bahwa pemberian tugas saat liburan merupakan salah satu cirri Sekolah Bertaraf Internasional. Akn tetapi pemberian jumlah tugas yang berlebihan malah membebani siswa baik secara fisik maupun psikologis. Liburan yang seharusnya digunakan refreshing, malah diisi dengan tugas yang seabrek. Tugas boleh-boleh aja diberikan kepada para siswa, akan tetapi tugas tadi jangan sampai membuat siswa stress karena tugas. Apalagi kebanyakan pemberian tugas berlebihan menjadikan siswa jadi malas mengerjakan sendiri, mereka malah meminjam atau bahkan memfoto copy hasil pekerjaan temannya. Tolong bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Menyediakan Fasilitas Belajar Tambahan Bagi Para Siswa
Siswa banyak yang merasa tidak cukup belajar hanya di dalam kelas saja. Mereka ingin mencari suasana belajar yang lain. Pemberian fasilitas tambahan seperti ruang perpustakaan, ruang internet, ruang belajar, dan lain-lain, mungkin bisa menjadi alternative bagi siswa yang ingin belajar lebih.
Mengikut sertakan para Siswa Dalam Kompetisi baik Akademik maupun Non- Akademik
Kompetisi seperti lomba, baik akademis ataupun non-akademis merupakan wadah yang baik untuk para siswa SMABI untuk bersaing, atau menguji bakat mereka. Jadi SMA 1 selain mengikut sertakan peserta didiknya, juga lebih sering lagi mengadakan program bimbingan bagi para siswa yang memiliki bakat dalam suatu bidang. Baik akademik maupun non akademik.

Semoga semua yang disebutkan diatas bisa menjadi solusi untuk SMA 1 Blora agar dapat meningkatkan mutunya, serta meraih status SMABI tahun ini, Amieen….

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook di Blog

Google Map

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sample Widget


ShoutMix chat widget

Clock

Statistik

About Me

Foto saya
Bernaung di kelas X7 SMA 1 Blora.. memiliki : Siswa-siswa yang mempunyai kreatifitas dan daya saing tinggi.. Murid-murid yang taat agama.. Anak didik yang selalu berusaha meraih cita-cita

Followers