1. Pengertian Aplikasi Pengolah Kata

Aplikasi pengolah kata (word processor) adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengolah kata. Aplikasi pengolah kata merupakan salah satu program yang paling dibutuhkan dan banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan, seperti bidang pendidikan, sosial dan ekonomi, keuangan, pemerintahan, kesehatan dan lain-lain. Dengan aplikasi ini Anda dapat berbagai dokumen seperti laporan, proposal, artikel, brosur, booklet, karya tulis, surat menyurat, dan sebagainya.

2. Macam-macam Aplikasi Pengolah Kata

Dewasa ini, ada banyak aplikasi pengolah kata yang dibuat oleh produsen perangkat lunak. Sebagian aplikasi pengolah kata merupakan perangkat lunak berbayar, sebagian lagi merupakan perangkat lunak yang dapat Anda gunakan secara bebas (gratis). Beberapa pengolah kata yang terkenal adalah:

· WordStar (WS)

· WordPerfect (WP)

· AmiPro

· Kwrite

· AbiWord

· StarWriter

· OpenOffice.org Writer

· Notepad

· Wordpad

· Microsoft Word

Umumnya, aplikasi pengolah kata baru hadir dengan membawa fitur-fitur baru untuk mengatasi kekurangan aplikasi pengolah kata sebelumnya. Salah satu aplikasi dengan fitur lengkap dan cukup mudah digunakan adalah OpenOffice.org Writer yang akan Anda pelajari dalam buku ini.

B. MENGENAL OPENOFFICE.ORG WRITER

1. Sekilas tentang OpenOffice.org

OpenOffice.org merupakan aplikasi perkantoran buatan SUN Microsystems yang kemampuannya dapat disejajarkan dengan Microsoft Office. Sekilas, program OpenOffice.org terasa agak lambat ketika pertama kali Anda aktifkan. Hal ini terjadi karena paket OpenOffice.org memiliki banyak aplikasi yang langsung aktif saat OpenOffice.org tersebut dijalankan. Dalam paket OpenOffice.org terdapat aplikasi-aplikasi seperti:

· Aplikasi Pengolah Kata (Word Processor) yang disebut Writer.

· Aplikasi Pengolah Angka (Speadsheet) yang disebut Calc.

· Aplikasi Pengolah Presentasi (Presentation) yang disebut Impress.

· Aplikasi Pengolah Data (Database) yang disebut Base.

· Aplikasi Pengolah Gambar (Drawing) yang disebut Drawing.

Selain itu, masih ada aplikasi HTML Document, Formula, Labels, XML Form Document, Bussiness Card serta beberapa aplikasi lain.


OpenOffice.org mempunyai karakteristik dan kelebihan tersendiri dibandingkan dengan program aplikasi pengolah kata lainnya. Berikut ini beberapa karakteristik dan kelebihan OpenOffice.org.

· Murah, jelas OpenOffice.org jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan perangkat lunak berbayar karena OpenOffice.org berlisensi General Public License (GPL) sehingga pemakai tidak perlu membayar lisensi. Biaya yang perlu Anda keluarkan hanyalah biaya untuk mendownload melalui Internet atau biaya mengkopi CD. Biasanya, aplikasi OpenOffice.org sudah disertakan dalam distro Linux, sehingga Anda hanya perlu untuk membeli CD Linux saja.

· Bebas, menggunakan OpenOffice.org adalah sebuah pilihan bijak karena aplikasiini bersifat open source dan dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Jika Anda menggunakan sistem operasi Microsof Windows, tersedia pula paket program OpenOffice.org versi Windows.

· Mudah, dalam OpenOffice.org Anda dapat dengan mudah mengkonversi dokumen yang dibuat dengan program Microsoft Office. Hampir semua format dokumen Microsoft Office dapat dibaca menggunakan OpenOffice.org.

· Bersahabat, peralihan dari OpenOffice.org rilis lama ke rilis terbaru jauh lebih bersahabat dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya yang berbayar. Pada beberapa aplikasi pengolah kata lain, file yang dibuat dengan rilis lama kadang sukar dibuka di rilis terbaru.

· Stabil, program OpenOffice.org boleh dibilang lebih stabil karena format dokumen yang ditulis dengan OpenOffice.org sulit untuk diserang oleh virus. Sangat jarang ditemui program yang mengalami crash.

· Mendukung Java, aplikasi-aplikasi dalam program OpenOffice.org sangat kompatibel dengan arsitektur Java yang paling banyak dipergunakan untuk mendesain web saat ini.

2. Karakteristik OpenOffice.org Writer

OpenOffice.org Writer adalah salah satu program dari paket OpenOffice.org yang andal dan memiliki banyak keunggulan. Beberapa keunggulan yang membuat banyak orang menggunakan OpenOffice.org Writer adalah:

· Free software, aplikasi gratis yang dapat diperoleh dengan mendownload dari Internet, dan bebas digunakan tanpa harus membayar lisensi.

· Format dokumen yang digunakan adalah OpenDocument Format Text Document (.ODT) yang mampu membuka dokumen lain dari aplikasi AbiWord dan StarWriter.

· File yang dihasilkan tidak rentan dengan virus, sehingga sangat kecil kemungkinan untuk terserang virus.

· Dapat digunakan untuk membuka file yang dibuat dengan pengolah kata Microsoft

· Word.

· Tersedia format penyimpanan yang kompatibel dengan pengolah kata Microsoft Word, sehingga hasilnya dapat dibuka menggunakan Microsoft Word.

· OpenOffice.org Writer tersedia untuk berbagai platform sistem operasi, seperti Linux dan Windows.

· Tersedia versi portabel untuk Windows, sehingga dapat langsung dijalankan tanpa perlu diinstall ke dalam harddisk.

C. MEMULAI APLIKASI OPENOFFICE.ORG WRITER

OpenOffice.org Writer yang dibahas pada buku ini adalah OpenOffice.org dengan platform Linux Ubuntu. Pada umumnya, tidak ada banyak perbedaan antara OpenOffice.org padaplatform Linux Ubuntu dengan OpenOffice pada platform Linux lainnya. Berikut langkahlangkah untuk memulai OpenOffice.org Writer.

1. Menggunakan Start Menu

Langkah-langkah untuk menjalankan OpenOffice.org Writer dengan Start Menu adalah sebagai berikut.

· Klik Applications Starter.

· Pilih Office.

· Pilih OpenOffice.org Word Processor



2. Menggunakan Ikon pada Deskttop

Selain menggunakan Start Menu, Anda juga dapat menjalankan OpenOffice.org dengan klik ganda pada ikon OpenOffice.org Writer yang ada di desktop. Ikon tersebut dapat dibuat dengan cara sebagai berikut.

· Klik Applications Starter.

· Pilih Office.

· Klik kanan pada OpenOffice.org Word Processor.

· Pilih Add this launcher to desktop



3. Menggunakan Ikon pada Taskbar

Cara ketiga adalah dengan klik ganda pada ikon OpenOffice.org Writer yang terdapat di Panel Taskbar. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan ikon OpenOffice.org Writer di Panel Taskbar.

· Klik Applications Starter.

· Pilih Office.

· Klik kanan pada OpenOffice.org Word Processor.

· Pilih Add this launcher to panel.

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook di Blog

Google Map

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sample Widget


ShoutMix chat widget

Clock

Statistik

About Me

Foto saya
Bernaung di kelas X7 SMA 1 Blora.. memiliki : Siswa-siswa yang mempunyai kreatifitas dan daya saing tinggi.. Murid-murid yang taat agama.. Anak didik yang selalu berusaha meraih cita-cita

Followers